Minggu, 16 Juni 2013

Alasan Kaos TIMNAS memakai Logo Garuda Bukan Logo PSSI

“Kenapa timnas kita memakai logo Garuda sementara banyak tim nasional dari negara lain bahkan Brasil memajang logo federasi Sepakbolanya?” adalah pertanyaan sangat umum yang sering diungkapkan banyak orang, baik pada media, temannya atau bahkan pada saya. Jawabannya sangat sederhana “Karena Bung Karno sang Pemimpin Revolusilah yang memintanya!” tepatnya saat tim Indonesia yang saat itu belum memakai seragam Merah Putih siang berangkat ke Cekoslovakia untuk sebuah parta persahabatan di tahun 1954. Lambang negara yang kemudian terus dipakai di berbagai ajang, termasuk Olimpiade 1956 dan terus dilakukan hingga saat ini.

FIFA sama sekali tidak memberi kewajiban bagi tim nasional negara manapun untuk meletakkan logo apapun di dada kiri mereka, karena yang FIFA pahami Federasi Sepakbola sebuah negara berdiri sejajar dengan negara dan memiliki kekuatan yang sama. Inilah mengapa pemerintahan SBY yang sungguh berkeinginan mengintervensi PSSI sekaligus menghentikan rezim Nurdin Halid hanya bisa mencoba jalur-jalur konstitusional lewat KSN, Kongres PSSI atau cara lain yang memungkinkan. Ini pula mengapa layout duduk box kehormatan itu selalu Kepala Negara, Presiden Federasi Sepakbola setempat dan Presiden FIFA

Lalu mengapa umumnya negara-negara di dunia memajang logo Federasi mereka ketimbang lambang negara? Tentu bukan karena mereka tidak memiliki lambang negara, tapi karena tim nasional adalah milik dan bentukan Federasi yang kemudian dikirim untuk bertanding melawan negara lain sesama anggota FIFA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar